Transisi

Saya bilang tidak mudah jadi seorang fresh grad. Saya ulang, tidak mudah jadi seorang fresh grad yang masih berkeliaran di kampus. Mahasiswa bukan, menunggu wisuda juga sudah wisuda, S2 pun tidak, apalagi bukan pula karyawan. Masa depan masih sangat buram dalam kepala saya.

Kemudian saya melihat orang lain. Dia bilang, tidak mudah fase kehidupannya saat ini. Saya melihat adik saya juga *fyi, dia baru memasuki kehidupan kuliah* dan di matanya tidak ada yang mudah saat ini. Kemudian saya berpikir dan terus berpikir sambil saya ulang kalimat pembuka di atas : Tidak mudah menjadi seorang manusia, apapun fase kehidupannya.

Saya tahu itu sekarang dan berusaha menikmatinya. Toh, pikir saya, fase ini pun akan seperti fase-fase lain dalam kehidupan kita. Yang akan terlewati, sebentar terlupakan dan teringat kembali kemudian diambil hikmahnya di lain waktu. Yang terpenting adalah saya tahu saya harus berjalan ke arah mana. Mudah-mudahan saya kuat menjalaninya tanpa kehilangan arah. Saya pasti bisa, begitu juga dengan Anda…:)

2 responses to “Transisi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s