FSL – Happy Blogging

FSL (Free  Saturday Lesson) diselenggarakan oleh COMLABS USDI. Acaranya dimulai pada pukul 09.00, tapi saya terlambat jadi tidak sempat mendengarkan pembukaan oleh Pak Basuki, Ketua USDI.

Pembicara pertama adalah Enda Nasution.

Beliau dijuluki Bapak Blogger Indonesia. Daaann, saya baru tau dong kalo beliau adalah HMS. HMS ’94 tepatnya. Waw, waw, waw. Anaknya Bang Enda lucu lho. To bad i can’t take picture of him (baca : anaknya bukan bapaknya) :p.

Bang Enda menjelaskan banyak hal, salah satunya adalah pengarsipan blog-blog Indonesia. Langsung saya coba dan akibatnya saja diganjar dengan badge yang bisa dilihat di sebelah kanan blog saya ini. Saya sih menjulukinya sebagai NIB (Nomor Induk Blogger). Ya g gitu juga sih nama dari sananya. iseng aja saya, hehe. Tapi untuk yang berminat mendaftarkan blognya, langsung aja ke website salingsilang. Ikutin langkah-langkahnya langsung dari web itu aja.

Sulit untuk mecoba menceritakan dan menulis apa pendapat kita, dengan risiko informasi yang kita tulis akan digunakan orang untuk menyerang kita.

– Enda Nasution

Kemudian pembicara kedua adalah Pidi Baiq.

Sebenernya di sepanjang sesi dari Kang Pidi ini g ada materi spesifik yang disampaikan. Tapi nilai-nilai dari setiap banyolannya itu lho. Wuih, mantep.

“Saya membentuk komunitas Cahaya Poligami, yang kemudian dibubarkan oleh istri saya.”

“Saya pikir setiap orang harus berbeda, kalau tidak jadi robot nanti.”

“Tulis-tulis sesuka hati aja, asal jangan menyinggung perasaan orang lain.”.

“Aku tidak mau lebih banyak tahu, karena tanggung jawabnya lebih berat nanti.”

Kemudian sesi Kang Pidi ditutup oleh 2 lagu ciptaan beliau, “Jangan Takut” dan lagu tentang anjingnya yang bernama Kucing. Kocak lah.

Pembicara ketiga adalah Budi Rahardjo.

Saya sudah tidak asing lagi dengan beliau, karena sebelumnya juga pernah mengikuti Seminar IEC 2010 yang pembicaranya adalah beliau juga. Gaya Pak Budi tetap sama seperti ingatan saya pada saat Seminar IEC tahun lalu. Masih dengan gaya-habis-main-futsalnya. haha

Beliau memberikan tips bagaimana sukses menjadi blogger. Ada beberapa poin yang paling saya ingat, yaitu KUANTITAS, hindari copas, dan etika yang baik.

Engineering itu menulis.

– Budi Rahardjo

Kemudian sesi terakhir ditutup oleh Widianto Nugroho dan Muh Arif yang berbagi cerita suka duka dalam mengarungi dunia per-blog-an.

Acara yang menarik dan bermanfaat plus fun. Lucky me! =)

One response to “FSL – Happy Blogging

  1. Pingback: DB #7 « Recycle Bin

Leave a comment